Breast & Cancer

 “Every woman need to know the facts. And the fact is, when it comes to breast cancer, every woman is at risk.” – Debbie Wasserman Schultz.

Yap, benar adanya dengan apa yang dikatakan oleh Ketua Komite Nasional Demokrat, Debbie Wasserman Schultz bahwa setiap perempuan harus tau segala fakta tentang kanker payudara. Karena masih banyak yang belum terlalu paham mengenai breast cancer sama seperti saya, baiklah, sedikit akan saya bahas agar kita sama-sama tahu dan mengerti mengenai kanker tersebut.

1. What is Breast Cancer?

Breast-Cancer-Health

Breast cancer atau kanker payudara adalah penyakit yang bermula dari sel-sel ganas yang terbentuk pada jaringan payudara. Payudara perempuan terdiri dari kelenjar air susu (lobules), saluran kecil yang membawa susu dari lobules ke puting, lemak dan jaringan pengikatnya, pembuluh darah dan kelenjar getah bening.

2. What Causes Breast Cancer?

Breast-Cancer-Detection

Sistem getah bening adalah cara utama menyebabkan kanker. Sel-sel payudara memasuki pembuluh limfe dan tumbuh di kelanjar getah bening. Akan terjadi pembengkakan ketika sel-sel tersebut telah mencapai pembuluh getah bening di ketiak (node axilaris). Bila ini terjadi, maka kemungkinan besar sel-sel kanker juga masuk ke aliran darah dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Menjalar ke otak adalah yang paling berbahaya karena bisa menekan pusat saraf otak. Kanker payudara dapat dipengaruhi oleh faktor usia, faktor gen atau riwayat kesehatan keluarga, serta makanan dan cara diet yang tidak sehat.

3. Who Gets Breast Cancer?

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak diderita orang Indonesia dan merupakan penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak kedua di dunia. Penyakit ini menyerang perempuan, meski tidak tertutup kemungkinan terjadi juga pada kaum laki-laki. Ada sekitar 200.000 kasus kanker payudara di seluruh dunia, 2000 diantaranya menyerang pria. Pengidap kanker payudara rata-rata berusia 35-50 tahun, dengan kemungkinan bisa terjadi di usia sangat muda karena gaya hidup yang tidak sehat.

4. What Are the Symptoms of Breast Cancer?

Penderita kanker payudara akan menemukan benjolan yang terasa berbeda di daerah payudara. Benjolan ini tika akan terasa nyeri saat ditekan, berukuran kecil, yang kemudian membesar dan melekat apda kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara dan puting. Berikut uraian ciri penderita kanker payudara.

  • Terdapat benjolan sekecil kacang atau penebalan kulit di payudara, ketiak dan sekitarnya, yang terus ada selama masa menstruasi.
  • Kemerahan pada kulit payudara atau puting.
  • Perubahan bentuk, ukuran, dan posisi payudara.
  • Terdapat noda berdarah atau cairan bening yang keluar dari puting.
  • Perubahan pada nuansa atau penampilan kulit pada payudara, atu puting (kulit masuk ke dalam, mengketut, bersisik, mengeras atau meradang).
  • Payudara satu dan lainnya berbeda.
  • Jika sudah membesar, akan muncul rasa sakit yang hilang-timbul, berbau busuk dan mudah berdarah.

5. What are The Types of Breast Cancer?

  • Duccctal Carsinoma in Situ (DCIS) : Tahap awal kanker dan masih dapat disembuhkan.  Sel-sel kanker masih berada di dalam duktus dan belum menyebar ke jaringan payudara sekitarnya. Deteksi dini melalui cara Mamografi atau pemeriksaan sendiri.
  • Lobular Carsinoma in Situ (LCIS) : Bermula dari kelenjar yang memproduksi air susu, tetapi tidak berkembang melewati dinding Lobulus. LCIS memiliki resiko tinggi untuk menjadi kanker payudara  invasif.
  • Invasive Ductal Carsinoma (IDC) : Invasive berarti infiltrasi. Kanker payudara ini adalah kanker payudara invasif yang berawal dari duktus, melewati dinding duktus, lalu berkembang ke dalam jaringan lemak payudara. Kanker ini bisa saja menyebar ke organ tubuh lain melalui sistem getah bening dan aliran darah. Ini yang paling sering menyerang penderitanya.
  • Infiltrating (Invasive) Lobular Carsinoma (ILC) : Bermula dari Lobulus. Sama seperti IDC, tipe ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hanya saja ILC lebih sulit terdeteksi dibandingkan IDC.
  • Inflammatory Breast Cancer (IBC) : Jenis kanker payudara invasif yang jarang sekali terjadi. Tipe ini biasanya tidak terdapat benjolan tunggal atau tumor, melainkan kulit payudara terlihat merah, tampak tebal dan mengkerut seperti kulit jeruk dan terasa hangat. Kanker payudara ini terjadi karena sel-sel kanker telah memblokir pembuluh getah bening di kulit.
  • Paget : Paget menyerang puting susu. Penyebaran penyakit ini dimulai dari duktus ke arah areola (lingkaran gelap di sekeliling puting). Kulit di sekeliling puting seringkali terasa gatal dan panas, berbintik, memerah dan mengeluarkan darah.

6. Self Examination for Breast Cancera.  

      a.  Di depan cermin

  • Lakukan penegangan otot-otot dada dengan satu tangan berada di samping dan satunya lagi letakkan di belakang kepala atau punggung.
  • Temukan dan lihatlah apakah ada perubahan ukuran, bentuk payudara, cekungan pada kulit, perubahan penampilang puting dan pengeluaran air puting dengan menekan secara lembut (bagi yang sudah punya baby ya, yang belum mah gak keluar, hehehe… )

      b.  Saat berbaring

  • Posisikan bantal di bawah bahu kiri dengan tangan kiri di bawah kepala.
  • Gunakan tiga jari tengah kanan untuk memeriksa payudara kiri.
  • Tekan dengan gerakan melingkar dari sisi luar (ketiak) hingga ke dalam lingkaran.
  • Periksa seluruh ketiak dan belakang puting. Ulangi langkah ini menggunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan.

      c.   Di pancuran air

  • Mengangkat tangan kanan, pegang sabun pada tangan kiri dan lakukan pemeriksaan menggunakan sabun tersebut seperti pada pemeriksaan berbaring.
  • Ulangi langkah ini menggunakan tangan kanan untuk memeriksa payudara kiri.

Sumber : Her Magazine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s