Be grateful :)

image

Kadang saya sering berpikir, “Apakah hanya saya saja yang seperti ini? Apakah hanya saya saja yang kalau apa-apa sendiri? Apakah hanya saya yang kerja keras buat memenuhi kebutuhan saya sendiri sampai seperti ini? Apakah mereka, teman yang saya kenal tidak seperti saya? Ah, sepertinya mereka tidak seperti saya. Mereka enjoy, mereka bisa mendapatkan apa pun dengan mudah tanpa harus seperti saya yang mati-matian selalu berpikir ketika ingin ini ingin itu, ingin pergi kesana kesini kesitu.”

Sering saya menghakimi Allah dan berprasangka buruk kalau Allah tidak adil tetapi setelah itu saya berpikir kembali, seharusnya saya bersyukur dengan keadaan seperti ini, artinya Allah sayang dan sekarang Dia sedang mengajarkan saya bagaimana caranya menjadi kuat, sabar dan cara memikirkan segalanya sebelum bertindak, bagaimana caranya bekerja yang punya tujuan, tentunya tujuan yang baik serta mengajarkan bagaimana caranya bertahan dalam kondisi apapun.

Dengan gaji yang hanya berjumlah Rp. 1.750.000 dipotong jamsostek dan Zakat ZIS, Alhamdulillah semuanya tercover walaupun saya harus berpikir keras dan memetakan semua kebutuhan yang lebih penting berada diatas segalanya dibanding yang kurang penting. Setiap bulan mengharuskan saya untuk membayar kredit motor bulanan Rp. 650.000, bayar arisan Rp. 250.000, bayar cicilan kuliah Rp. 450.000, sisa paling berapa ratus ribu buat beli pulsa AXIS paket Internet, pulsa telepon IM3, beli shampo, sabun, handbody, body mist dan yang lainnya, maklum namanya juga cewek, kebutuhannya buuuaanyyaaaaakk😀. Kadang pengen beli kaos, kemeja atau celana pun, gak pernah jadi, pengen beli celana dalam atau bra pun mikirnya nanti aja karena uang pun pas-pas-an disertai pemikiran kalau itu dibagian dalam jarang diliat orang. Lah… sebenernya sih enggak boleh juga mikir kayak gitu. Tapi sekali lagi, ini karena keadaan loh ya, keadaan.

Nabung pun seadanya, demi keinginan, pengen pergi ke Jogja, pengen ke Bali, pengen beli kambing buat Qurban, pengen beli modem, pengen beli PowerBank karena modem yang sekarang pakai si Andro, nah si Andro pun cepet lowbat, kalau udah lowbat kelimpungan karena si charger rusak oleh oknum tidak bertanggung jawab, hiks.Semoga terkabul semua ya, Aamiin. Saya yakin, Allah selalu memberi rezekinya darimana saja dan pada saat yang tak terduga.

Yaa, bagaimana pun be grateful itu salah satu caranya agar kita bisa memandang salah satu sudut yang tadinya kita pikir itu suatu hal yang buruk sehingga persepsi kita menjadi negatif setidaknya bersyukur bisa membuat kita tersenyum dan bisa berpikir positif karena Allah mempunyai caranya sendiri untuk memberi pelajaran kepada setiap hamba-hambanya.

Alhamdulillah atas semuanya, Ya Allah. Maafkan hambamu yang selalu berpikir tidak pernah cukup.

Leave a Reply

