ROOT, CWM & CUSTOM ROM Andromax-i (Part I)

android

* untuk aplikasi (mentahan untuk rooting) sudah bisa di download kembali :) *

Android.

Satu kata yang sudah tidak asing lagi bagi penggila gadget. Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara me-ROOT-ing, men-CWM-kan dan menginstall CUSTOM ROM pada Andromax-i. INGAT! Langkah awal, harus, kudu, musti, enggak boleh lupa yaitu BACKUP!

OK. DWYOR -> Do With Your Own Risk :)

Langkah pertama :

1. Siapkan perbekalan seperti cemilan stick keju, basreng dan nutri sari, hahaha itu sih saya banget.

2. Persiapkan dengan keyakinan bahwa si Andromax-i baterai nya terisi penuh.

3. BACKUP! BACKUP! BACKUP! Semua aplikasi yang penting.

4. Mari kita mulai :D

a) Download Driver Andromax-i (Optional)

b) Download CWM-6.0.2.3 – Andromax-i disini

c) Download CWM-SuperSU-v0.99 Disini

d) Download ROM, kali ini saya memakai ROM Maximus V.1.2 (Cusrom by Agan Yudhistira.2012 @kaskus) Disini

Langkah kedua :

1. Install Driver Andromax-i terlebih dahulu supaya Andromax-i dikenali oleh komputer/laptop.

2. Sambungkan HH dengan kabel data ke komputer/laptop, pilih mode media penyimpanan. Terus tinggal copas file CWM-6.0.2.3.zip dan CWM-SuperSU-v0.99.zip ke microSD.

Screenshot_2013-04-01-16-28-26

3. Simpan file CWM-6.0.2.3, CWM-SuperSU-v0.96 dan ROM Maximus V1.2 di dalam SD Card (jangan simpan di dalam folder).

New Picture

4. Setelah disimpan ke SD Card. Copot kabel USB dari komputer/laptop.

Langkah ketiga :

1. Matikan Andromax-i. Kemudian nyalakan lagi dengan menekan tombol Power + tombol Volume Bawah. Caranya tekan tombol volume bawah terlebih dahulu, baru tekan tombol powernya sampai muncul gambar dibawah ini :

3

2. Setelah muncul gambar tersebut. Tekan tombol Home pada Andromax-i sampai muncul Android System Recovery.

4

3. Kemudian, cari menu apply update from external storage (arahkan dengan menggunakan tombol volume). Setelah itu untuk masuk ke menu apply update from external storage (tekan tombol Menu sebelah kiri tombol Home) maka akan muncul gambar seperti ini :

New Picture (1)

4. Ada 2 file CMW yang sudah tersimpan di SD Card. arahkan ke file CWM-6.0.2.3.zip dengan menggunakan tombol volume. Kemudian pilih OK dengan menekan tombol menu (sebelah kiri tombol Home). Dan Voilaaaa! CMW sudah terinstall di Maxi kalian :)

P1040671 copy

5. CMW sudah terinstall, sekarang Reboot Maxi dan Matikan Maxi.

Langkah keempat :

1. Nyalakan kembali Maxi nya. Tekan tombol Power dan tombol Down Volume.

2. Hingga muncul gambar seperti dibawah ini, pilih install zip from sdcard :

P1040679 copy

3. Pilih choose zip from sdcard.

8

4. Klik file CWM-SuperSU-v0.99.zip, pencet OK

9 copy

5. Pilih YES diantara NO.

10 copy

6. Setelah ter-Install maka akan muncul gambar seperti berikut :

11 copy

7. Ciri-ciri dari Maxi sudah ter-ROOT dan ter-Install SuperSU yaitu adanya ROOT EXPLORER dan SuperSU seperti gambar berikut :

Screenshot_2013-04-03-17-07-46 copy

8.Kemudian, tekan tombol back beberapa kali sampai ke menu utama, pilih reboot, pencet OK.

Langkah keempat :

1. Letakkan ROM Maximus V.1.2 di dalam SD Card (jangan di dalam folder).

2. Masuk ke CMW (tekan tombol Power dan Volume down).

3. Pilih Wipe Data / Factory Reset

wipe-data-1 copy

4. Pilih Yes diantara No —–> Yes– delete all user data

10 copy copy

5. Tunggu sampai muncul tulisan Data Wipe Complete.

P1040683 copy

Langkah kelima :

1. Masih di Menu CMW. Pilih install zip from sdcard.

P1040679 copy

2. Pilih choose zip from sdcard.

8

3. Cari ROM Maximux V1.2 yang tadi sudah kita copy-paste di SD Card.

P1040687 copy

4. Pilih Yes – Install Maximus V.1.2.zip.

P1040688 copy

5. Tunggu proses instalasi ROM nya sampai muncul picture seperti di bawah ini :

P1040690 copy

6. Sampai Maxi me-REBOOT otomatis.

7. Dan, Taraaaaa! berikut SS Maxi yang sudah di install ROM Maximus V.1.2 :

Tampilan signal bar sudah berubah berada di kiri, bar battery  juga sudah berubah sampai jam nya pun sudah berada di tengah :D

P1040692 copyP1040693-copy

Okeeeee… Selamat menikmati ROM Maximus, semuaaaa :)

196 thoughts on “ROOT, CWM & CUSTOM ROM Andromax-i (Part I)

  1. Sis mau tanya.kenapa setelah saya root wktu browseran suka tiba”balik ke homescreen.trus logo superSU jdi gak ada yg ada malah titanium backup
    Mhon bntuanya sis.
    085722615188

    • Maksudnya munculin sinyal evdo yang kayak gimana tuh, Mas Rilo?
      untuk sinyal tergantung lokasi, entah dapat sinyal 1x, evdo atau hybrid.
      tergantung lokasi yang mempengaruhi sih intinya.
      Maxi Mas Rilo sudah di root dan di install cusrom atau belum a.k.a masih ori?

      • Iya sama-sama Mas Rilo. Anyway, kalau setting khusus untuk evdo ada di setting, lebih tepatnya saya agak lupa, ada di network kayaknya. Nah, terus nanti ada pilihan 1x, evdo atau hybrid tinggal dipilih aja maunya apa. Tapi kalo udah di install rom lain, beda lagi. Intinya sih, signal pengaruh dari lokasi :)

  2. mv mu nanya, kalo buat main game biar g lemot gimn c cara ngerooty? n aplikasi gamenya apa aja lo udah di root HHy biar g lemot to biar tmbh smooth
    sama maximusnya ko g bisa ddownlud

    • Untuk creen freeze, tanpa perlu update firmware atau ROM, cukup centang opsi force 2D acceleration in application (Force GPU Rendering kalau di ROM JlebbMax), terletak di Developer Option dan centang show all ANRs.
      Kalau di Maxi saya, saya sekarang menggunakan ROM JlebbMax by Agan Siwa. Sudah otomastis untuk Force GPU Rendering nya tercentang otomatis.

  3. Mbak Fitri saya rooting kok kayak mental ya, apa karena saya sudah melakukan update firmwarenya ya? kalo mmg karena saya masalah tersebut, caranaya untuk mengunistall update gimana caranaya ya?

    • Fungsi root Android adalah untuk memberi hak akses penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Untuk di oprek-oprek sistem nya walaupun tidak serta merta ya mas.
      ROM itu sendiri yaitu Random Access Memory atau sebuah sistem/firmware yang letaknya berada di IC ROM (Fungsinya sama dengan IC BIOS pada komputer) yang berisi kernel dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan si ROM Developer (pihak ketiga). Fungsi dari ROM, seperti ROM Maximus atau ROM yang lainnya yaitu untuk membuat Andromax-i memiliki fitur dalam kemampuan, keandalan serta kinerja-performance melebihi dari firmware asli-nya (STOCK ROM). Ability bisa berupa perbaikan fitur seperti : Wi-Fi, Bluetooth, USB, Audio, Display, Reboot, Rooted, Network,3G Modem, Kemudahan Install Aplikasi, bahkan Over Clock Processor perangkat Android tersebut.

  4. gan?? ane udah berhasil nih semua lancar saat awal tapi knp kok launchernya suka blank kalo abis buka applikasi tekan home langsung force stop launchernya… trus data nya suka mati sendiri kalo lagi browsing?? awalnya si lancar bgt gan

    • sistem lagi loading itu gan, mungkin juga kebanyakan aplikasi yang jalan. kalau untuk browsing yang datanya suka tiba2 mati sendiri, menurut saya tergantung sama signal, ada cara buat menstabilkan signal hanya saja saya belum coba.

  5. misal sy skrg udah pakai maximus; trus mo ganti bullymus ato gogreen kira2 bakalan ngalamin hal2 yg ditakutkan gak yah, kan sptnya salah satu cusrom tsb beda indukannnya (ada yg stockrom ada yg rom china). Thx

  6. apa kekurangan dan kelebihan rom maximus di banding rom bawaan ? walaupun rom bawaan jg ud full tweak…
    dan apa maximus ud support all apps kyak rom bawaan smart… ?

    • Sebelumnya, kekurangan dan kelebihan itu wajar dan pastinya selalu ada. kelebihannya banyak app bawaan smart yang sudah dihapus. kekurangannya backgroun transparan kadang suka meribetkan waktu bar ditarik kebawah.

  7. permisi sist numpang tanya, signal evdo di maxi ane (setelah update system dari menu bawaan maxi) kenapa ga ke-detect ya? cuma 1x aja yg kedetect, padahal sy sdh setting dr network tp tetep ga detect. mohon pencerahaannya sist.
    thx.

    • update sistem gimana gan? upgrade os maksudnya?
      selalu 1x apa pernah berubah evdo sesekali?
      kalo memang 1x terus, mungkin jarak jangkau signal nya dan settingannya dipilih 1x.
      Udah di pilih hybrid atau EVDO Only belum?

  8. mba,ROM maximusnya kalo di reboot pasti selalu muncul bacaan “unfortunely.com.android has stopped” dan bacaannya tu gak bisa di close,,,
    saya dah coba sarannya untuk di wipe,awalnya emang gak ada masalah,,muncul bacaan gitu biasanya sehabias saya melakukan restore data pake titanium back up,,,sehabis di restore,sya reboot terus muncul deh bacaan gitu(unfortunely.com.android has stopped),,gimana solusinya ya?

    • Biasanya bermasalah di aplikasi mas. Entah aplikasinya yang enggak cocok sama HP, aplikasi membawa virus, dll. Tapi kalo emang tulisannya kayak gitu waktu running, biasanya karena aplikasi memakan RAM terlalu besar/berat. Coba di manage lagi aplikasi2 yang di install, kalau memang aplikasi yang tidak diperlukan dan memakan memory sebaiknya di uninstall saja :)
      bisa dicoba ROM MaxiLite di kaskus, kalau mau dicoba, katanya sih lebih enteng.

  9. aku udah sampe tahanp yang terkhir tapi kok ga mau reebot sendiri ni..??
    apa harus di rebot pake tombol power ..???

  10. kalo boleh tau apa aza fit… soalnya dulu maxi eza pernah botloop

    trz kalo udah di rot apa harus ngulang lagi kalo mau pakai custom rom…

    maaf banyak nanyaa coz ga mau maxi eza sakit lagi

  11. Thx sista, maximus sdh terpasang di maxi, tp saya mohon pencerahannya nih, maxi sane kenapa suka drop signalnya ya?

    • Yap, sama-sama gan. Kita saling belajar kok :)
      drop gimana? signal CDMA (Smart) atau signal GSM?
      Kalau smart rada dimaklumin ya, terkadang memang sering drop.
      Bisa diakali, pakai Fresh Network aja, download di PS ya :)

      • Uda sy download dr ps utk fresh networknya, tp Signal-nya kadang keluar LTE tapi kadang keluar EVDO. Kl yg kluar LTE, browsingnya jd cepet. Tp kl yg kluar EVDO, browsingnya jd agak lola. Ada kemungkinan eror dr hardware utk signal-nya ga sis? Mohon pencerahannya ya. Thx

      • Memang seperti itu gan, punya saya pun sama. LTE ini semacam tipuan dari ROM (buat gaya) LTE kan 4G sama aja EVDO, EVDO yang muncul sama aja seperti GPRS/EDGE.
        Untuk signal memang tergantung lokasi :)

  12. sis, kok saya tunggu hingga muncul cara keempatnya kok ga muncul (langkah keempat) ?trus malah kembali ke proses ketiga??
    mohon pencerahannya..

    • Itu bukan langkah ketiga gan, tapi benar sudah langkah keempat, perbedaannya kalau langkah ketiga itu masuk di Android System Recovery dan kalau untuk yang keempat sudah masuk ke CMW Based Recovery. Tampilan menu nya mirip, memang.

  13. mbak mau nnya, wktu ane buka kamera yg nongol cuma kamera depan aja, trus icon buat ganti kamera belakang nya gak ada sma sekali..!!

    mohon pencerahannya gan..!!!

    #bingung

  14. mau tanya ni ka ..kalo ngebalikin sinyal smartfreen max i yg ilang gara” radio switcher gmna ya…sya udah instal dfs log nya tapi ga ada jaringan hisense 1xevdo diagonitics interface nya. yg ada cuma hisense NMEA device…mohon bantuannya….maaf klo ke panjangan……….

    trima kasih

  15. Gan…Ane dah nyoba dari mode recovery utk install CWM.zip agar bs ter root dr SDCard kok selalu “installation aborted” ? Kira2 napa ya gan? thanx atas pencerahannya….

  16. sis,,,,klo buat andromax c CWM nya versi berapa?klo pake CWM andomax i bisa gak?klo ada boleh minta dunk CWM nya…

  17. mbak, hp saya bootloop stelah menjalankan aplikasi font installer..
    gimana caranya yaa biar gak bootloop tapi tetap pake cusROM ??

    mohon pencerahannya

  18. setelah proses root sukses tyus menghapus aplikasi yang tidak berguna…peluncurnya kehapus terus sekarang g bisa membuka aplikasi.cuma hitam doang ini layar..gimana solusinya…trimakasih

  19. Mlm…mba…….sya mw nanya ni…rom Ɣªήğ pling bgus untuk andromaxi apa ya…skrang sya pke rom LG optimus tp mkan ram ny gde bnget…jdi bkin hh sya lemot…..mw gnti rom tp g tw yg pling bgus apa……

  20. malam mbak permisi,,mau nanya lagi ni.
    alhmdllh kemarin sudah bisa setelah aku flash ulang…
    sekarang bingung lagi…aplikasi bawaannya seperti radio fm, mig33,twiter,viki,vms dll itu saya hapus semua, lupa tidak saya backup dulu…downloadnya aplikasi itu dimana mbak…
    terima kasih sebelumnya dan mohon pencerahannya.

    • Hallo Kang Dede Ramly, coba kang dede jangan pakai rom maximus, bisa dicoba ROM IncMax (IncredibleMax). saya pernah coba ganti rom maximus ke maxilite dan hp saya gagal booting. selanjutnya saya coba ganti rom incmax sampai sekarang :)

  21. mba, kalo ganti cusroom gitu apa bisa mengatasi masalah hh yg suka ngadat ketika posisi terkunci trus mau buka kuncinya malah blank layar hitam. tapi setelah ditunggu 3 menitan baru bisa muncul gambar layar n buka kunci… trus satu lagi, kalo class kartu memori pengaruh ga pas install cusroo, soalnya sy pake pake sandisk 2gb class 4 ga bisa write data, termasuk simpen hasil foto dari kamera ato terima file bluetoth, begitu juga hasil donlod via hh… keterangannya memori penuh padahal masih kosong 1 gb an… mohon pencerahannya hehe… btw, nice article…

    • Sore Mas Taufik.
      Terima kasih untuk kunjungannya :)

      Menurut saya, dengan mengganti ROM (CusROM) ada efek positif dan negatifnya. Untuk permasalahan HH yang suka ngadat ketika posisi lock dan ingin di unlock (layar blank) biasanya karena RAM yang digunakan sudah over, space hanya tersisa sedikit dan bisa juga karena Memory (SD Card) yang keadaanya sudah rusak / full space
      Untuk class memori, berpengaruh. untuk maxi biasanya memakai class 10, class 8 pun tidak bertahan lama.
      Untuk write data, coba dipastikan lagi, akses memorinya di ganti dengan R/W (Read/Write) jangan Read Only.
      Dipastikan juga apakah benar penyimpanannya di SD Card atau Memori telepon.

  22. kakak mau tanya : saya pernah root 2kali dan itu ninggalin costum binary :(2 count)
    setelah saya unroot gk mau ilang ,cara ilanginnya gmn ?
    skrang saya root lagi ,tp cuma SU aja yg kluar CWM gak ada ,ngak seperti pertama kali saya lakukan root, apakah jd maslh kalo saya mau ganti rom ?
    Jd msih takut mau mlangkah ..
    mohon bimbingannya ..trims kakak

  23. maaf kak..mohon infonya..kalau di pake untuk andromax-i ad685g
    bisa apa gak..mohon maaf saya masih baru..kebetulan hp saya hang..menunya gak ada…bisa apa gak..mohon pencerahan nya kak..thanks..

  24. Mba mau tanya, saya rooting pakai aplikasi otomatis yang saya unduh di google (rooting cepat tanpa komputer) setelah berhasil saya unduh font change apk di play store. Saya coba ganti2 bbrp kali bisa, yang terakhir ini hh andromax ule saya jadi bootloop. Mohon bantuan saya frustasi bgt ini mbak:’(

    • Andromax u? coba mas flas ulang lagi. masuk ke Recovery / CWM dan coba di clear cache dalvik.
      kadang untuk beberapa HH, mengganti font itu tidak sembarangan mas, bisa2 membuat HH nya bootloop. bootloop jg bisa jadi jg step waktu rooting/flashing ada yang miss. cmiiw… smg ule nya cpt sembuh.

  25. Haii sist, mau nnya dong..
    Kalau udah install SuperSu nya, tapi belum install ROM nya kira” bisa gag iya??
    Kalau lgsg install ROM nya? Cuma berkas kedua ini CWM-6.0.2.3.zip dan CWM-SuperSU-v0.99.zip itu gag ada di MMC, saya takut data” nya jadi pada ilang semua..
    Trus saya juga udah download backup titanium, tp gag tau deh udah ke back up apa belum? Jadi ragu” untuk installnya, mohon bantuannya iya sist :)

    • Hai juga sis :)
      Sis atau gan nih ya?

      Kalau udah di install SuperSU, enggak apa-apa kok gak di install ROM-nya.
      Yang jelas HH nya udah ROOTED. Untuk CWM sebaiknya di install, karena CWM itu System Recovery yang mudah dioperasikan dan lumayan lengkap menu nya ketimbang recovery bawaannya.
      Kalau memang mau di Backup semua sistem, silakan backup by CWM saja (lebih mudah), nanti pilih Backup and Restore, pilih Backup, nanti Sistem akan memproses sampai selesai.

      Ingat!
      Kalau mau coba install yg berkaitan dengan sistem sebaiknya di Backup, terserah mau backup pakeai aplikasi apa. Untuk Titanium Backup, saya lebih sering menggunakannya dengan di setting terjadwal setiap malam jadi Titanium akan RUN sendiri.

      • Aku sist :)
        tapi bukan agan .. hehehe
        Oohh gto kalau sudah di install SuperSu nya dan ROM nya tidak diinstal gag masalah.
        Tapi kalau aku mau install ROM nya juga itu lebih baik atau akan bermasalah gag iya?
        Untuk CMW nya itu yang mana iya sist? #maafmasihbingung :D
        Tapi kan kalau CMW nya belum di install apakah sudah bisa diback up di CMW sist?

        Jadi, lebih baik back up data nya di CMW atau di Titanium Backup iya?

        *Maaf kalau banyak nanya, soalnya masih belajar soal kaya gini :D

  26. ma’af mbak pertanya’annya agak nyeleneh,saya uda ganti cusrom tp lewat recovery bukn cwm,trs supersu saya jd hilang apakah saya hrs root ulang,trs kl dh ganti cusrom apakah beda ngerootnya seperti sblmnya? mksh smoga bisa ngebantu..

  27. saya punya masalah dg SUPERSU, krn hrs buka pake password… soalnya saya beli max-i second… saya coba restore factory ttp gk bsa… jd kerja android’nya trbatas… gmn dunk…????
    tank’s b4

  28. misi mba..
    saya make andromax u, layarnya berkedip sendiri dan terkadang blank layar hitam padahal ke 3 tombol dibawah layar berfungsi normal dan ada cahayanya.
    mohon pencerahannya mba, makasi :)

  29. sist mau tanya nih, ane mau pake custrom yang di agan wandaws itu tapi bagus yang mana ya biar enteng aja hh nya gak lemot dan gsm cdma nya bisa dipake juga. terimakasih sist atas blognya sangat membantu

  30. sist, kalo ROM Maximus ini kernelnya udah support untuk Swap Memory pake aplikasi RamExpander ga??
    Terus, kalo ROM Honami nya gimana?? support swap memory ga???

  31. mba. mau tanya. andromax G saya ko tiba2 sinyal GSM nya hilang yah stlah di root pake key root master. tp sblm saya pake key rooy master. saya udh donlot superSU. lalu saya hapus super SU nya stlah sy root pake key root master. ehh malah ilang/disilang sinyal gsmnya. tp nama opratornya masih ada di hp mba. cuma klo di pakai tlp “layanan tdk tersedia” mohohon bantuannya mba :( makasih

  32. Mba , gimana yah cara buat internetan GSM di andromax i2 ?
    kemaren nyoba2 pake andromaxtool sama any cut tetep aja ga bisa ..
    mohon bantuan nya .. :-(

  33. Mas layar maxi saya frezee kalau setelah layar terkunci. jadi harus cabut baterai. baru restart kalau habis restar layarnya berfungsi normal tapi kalau habis terkunci baru udah gak fungsi lagi (freeze) makanya saya seting mati sendiri 30 menit biar gak cabut baterai terus. itu kenapa ya mas? bisa bantu saya mungkin?

  34. mbaaakkkk, maaf kan komen saya sebelumnya karena manggil sampean dengan mas. maaf saya tidak sengaja karena bleum tak baca keseluruhan, maaf ya mbak, jangan ada raza untuk mengurangi membantu komen saya yg diatas. :)

Leave a Reply

